KOMUNIKASI INTERNAL PADA PT PEGADAIAN CPS A YANI PONTIANAK

Authors

  • Rimaniah Saputri Politeknik Negeri Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.31573/bimanis.v1i1.54

Abstract

Komunikasi menjadikan salah satu aktivitas yang dapat membangun alur informasi dan pekerjaan menjadi lebih baik. Komunikasi internal dapat dipahami sebagai pondasi dan bangunan dari sebuah organisasi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana komunikasi internal secara vertikal dan horizontal ataupun antara pimpinan cabang, karyawan dan antar karyawan lainnya. Permasalahan dari hasil penelitian ini bahwa dalam pelaksanaanya masih terdapat kesalahpahaman yang menyebabkan komunikasi internal menjadi terganggu secara vertikal maupun horizontal yang membuat informasi penting tidak tersampaikan. Adapun metode penilitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif yang dilakukan secara terstruktur bersifat deskriptif. Adapun metode yang penulis lakukan untuk memperoleh data-data tersebut yaitu dengan melakukan wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Komunikasi internal secara vertikal dan horizontal di perusahaan PT Pegadaian CPS A Yani Pontianak menunjukkan bahwa komunikasi yang terjalin menimbulkan kesalapahaman. Dalam pelaksanaannya komunikasi internal secara vertikal dan horizontal masih belum terlaksana dengan baik karena terdapat beberapa hambatan yang terjadi, adanya hambatan seperti tidak adanya ketegasan tindakan dari pimpinan, kurangnya fokus dalam menyimak informasi dan tidak adanya keterbukaan lingkungan kerja. Saran penulis dalam penelitian ini untuk perusahaan yang terjadi adalah pimpinan harus menyampaikan pesan dengan jelas dan mudah dipahami oleh karyawan dan apabila karyawan kurang paham akan pesan tersebut, berikan kesempatan untuk bertanya serta menyampaikan informasi dengan keterbukaan rekan kerja yang akan menciptakan suasana kerja yang nyaman, tepat waktu serta saling menghargai di lingkungan internal.

Published

2022-07-31

Issue

Section

Articles